Tentang Kampus "STMIK AMIKBANDUNG"
STMIK AMIKBANDUNG
Kampus yang memiliki 3 jurusan yaitu :
1. INFORMATIKA
2. SISTEM INFORMASI
3. ANIMASI
Kampus Stimik amikbandung yang terletak di Jalan Jakarta No.28, Kelurahan
Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung atau bisa membuka situsnya https://stmik-amikbandung.ac.id/, dan kampus ini
memiliki 3 jurusan yaitu Informatika, Sistem Imformasi dan Animasi di setiap
jurusan memiliki fasilitas yang cukup beberapa Lab dan Perpustakaan.
Kampus
STIMIK AMIKBANDUNG juga memiliki beberapa himpunan dan unit kegiatan mahasiswa
lainya seperti HIMATIF, HIMSI, AMIKCODE, CSRG, LAPECO, RESIMEN, DEWADARU, LDK
dari berbagai himpunan dan unit kegiatan siswa seperti Himatif dan Himsi itu
termasuk sebagai himpunan jurusan yaitu Himatif untuk Informatika dan Himsi
untuk Sistem Informasi. dan setiap jurusan memiliki tujuan yang berbeda yaitu :
1. INFORMATIKA
Jurusan yang menjuru ke
bagian PROGRAMER yaitu mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa
sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil
pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Sedangkan bidang ilmu yang termasuk dalam
informatika meliputi beberapa macam, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu
informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam
sistem informasi manajemen. Aspek dari informatika sebenarnya lebih luas dari
sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, karena masih banyak informasi
yang tidak dan belum diproses dengan komputer, yang dapat dimasukkan di dalam
aspek dari informatika ini.
Jurusan informatika ini bisa di buka di web resmi kampus STMIK AMIKBANDUNG.
Informatika mempelajari
tentang apa?
Teknik Informatika
merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang
mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis
matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem
operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.
2. SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai konsep
teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam
kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian,
dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup
organisasi.
Dalam peranan diperusahaan sistem informasi menjadi jembatan yang
menghubungkan antara programmer dan para manajemen dalam perancangan sistem.
Sistem informasi akan menaganalisa kebutuhan akan sistem dari para manajemen
diperusahaan, kemudian menerjemahkannya menjadi suatu user requirement untuk
diserahkan kepada bagian programmer untuk membangun sistem terserbut. Sehingga
dalam perusahaan terkadang lulusan sistem informasi memiliki jabatan yang lebih
tinggi dari jurusan teknik informasi.
Jabatan yang biasa dapat diambil dalam perusahaan oleh lulusan sistem informasi adalah Chief Information Officer (CIO) ini adalah jabatan tertinggi yang dapat dicapai oleh lulusan sistem informasi, atau sistem analis, yang berkerja sebagai penghubung antara user dan programmer, yang menentukan spesifikasi dan kebutuhan dari sistem baru, atau juga bisa menjadi web designer yang merancang sebuah website.
3. ANIMASI
Program studi Animasi merupakan bagian dari prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) yang pada beberapa perguruan tinggi berdiri sendiri sebagai satu program studi. Prodi ini dibagi menjadi dua keahlian kompetensi animasi, yaitu di bidang film animasi dan animasi game (animasi interaktif). Di prodi Animasi kamu akan memperlajari teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Lebih lengkapnya, disini kamu akan belajar membuat karakter dwimatra (2D), karakter trimatra (3D), membuat special effects, membuat story board, dan menulis skenarionya. Selain membuat tampilan visualnya, kamu juga harus mengolah audionya dengan memberikan sound effects dan mengisi suara karakter-karakternya. Setelah karya film animasi atau animasi game mu telah siap, kamu juga akan belajar bagaimana memadarkan dan mendistribusi hasil karyamu pada khalayak. Prodi ini akan menuntut kamu untuk menuangkan kreativitas dan keahlian untuk menciptakan sesuatu (misalnya tokoh utama, gaya animasi) yang unik dan menarik. Selain itu, prodi ini juga membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan untuk menyampaikan ide, pesan dan kesan dalam bentuk animasi, sehingga dibutuhkan rasa antusiasme yang tinggi.
Lulusan Animasi dapat berkarir sebagai concept art yang mana berperan penting dalam referensi visual sebelum dijadikan 3D. Selain itu, lulusan Animasi juga dapat menjadi storyboard artist, animator keyframe, perancang game, background painter, sutradara, produser film animasi, dan lain-lain.
Komentar